, ,

Yaman Tembak Jatuh 3 Drone AS dengan Rudal Canggih: Keberhasilan Pertahanan Udara yang Mengejutkan!

oleh -1 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnes.com – Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) telah mencetak prestasi gemilang dengan menembak jatuh tidak satu, bukan dua, tetapi tiga drone pembunuh MQ-9 milik Amerika Serikat. Peristiwa ini terjadi di atas wilayah al-Hodeidah, dan rekaman yang dirilis oleh YAF memperlihatkan momen tegang ketika rudal canggih mereka menghantam sasaran dengan akurasi memukau.

Drone MQ-9, yang merupakan kendaraan udara multiperan paling canggih yang dimiliki AS, dilengkapi dengan sistem pengawasan yang canggih dan telah digunakan dalam serangkaian operasi militer di Asia Barat. Namun, ketangguhan teknologi ini terbukti tidak cukup mengatasi pertahanan udara yang kuat dari Yaman.

banner 336x280

Faksi Poros Perlawanan, yang secara terus-menerus menghadapi tekanan dari kekuatan militer asing, telah menunjukkan keberanian dan kemampuan mereka dengan menjatuhkan tiga drone MQ-9 sejak tanggal 8 November 2023. Rekaman dan foto-foto yang dirilis oleh YAF memperlihatkan puing-puing dari drone yang hancur, menggambarkan betapa efektifnya taktik pertahanan udara mereka.

Brigadir Jenderal Yahya Saree, juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman, secara resmi mengumumkan keberhasilan YAF dalam menjatuhkan drone-dron tersebut. Dia juga menambahkan bahwa Angkatan Laut Yaman berhasil menyerang kapal curah RUBYMAR milik Inggris dan kapal curah AS “Sea Champion” dan “Navis Fortuna” di wilayah Teluk Aden.

Prestasi ini menunjukkan bahwa meskipun terbatasnya sumber daya, Yaman mampu menyaingi teknologi militer paling maju di dunia. Rudal pertahanan udara produksi lokal, yang mirip dengan senjata Iran, telah terbukti sangat efektif dalam menghadapi ancaman udara yang berat.

Jatuhnya drone-dron AS telah tercatat sejak Oktober 2017, menandai serangkaian keberhasilan bagi Perlawanan Islam di Irak dan Yaman. Peristiwa ini menggambarkan kemampuan faksi Poros Perlawanan untuk menghadapi tantangan dari kekuatan militer asing, dan menjadi bukti bahwa ketangguhan tidak selalu ditentukan oleh kekayaan teknologi semata.

Dengan harga drone MQ-9 yang mencapai 32 juta dolar, keberhasilan Yaman dalam menjatuhkan mereka merupakan pukulan telak bagi AS. Ini juga menunjukkan bahwa, dalam pertempuran modern, kecerdasan taktis dan penguasaan teknologi bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kemenangan.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.