,

Kenaikan Harga BBM Dipicu Konflik Timur Tengah, Energi Dunia Terancam

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Terdengar kabar mengkhawatirkan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Mereka mengungkapkan bahwa tren kenaikan harga minyak mentah dunia terus melonjak. Hal ini menjadi perhatian serius, terutama bagi konsumen Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia, khususnya BBM non-subsidi.

Menurut Tutuka Ariadji, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) di Kementerian ESDM, naiknya harga minyak dunia dipicu oleh eskalasi konflik yang terus berlanjut di Timur Tengah. Konflik ini tidak hanya mempengaruhi geopolitik, tetapi juga berdampak signifikan pada logistik minyak mentah secara global.

banner 336x280

“Tren harga minyak dunia terus naik karena ketegangan di Timur Tengah. Ini berdampak langsung pada logistik minyak mentah di seluruh dunia,” ungkap Tutuka.

Dalam konteks ini, Tutuka memberikan sinyal bahwa harga BBM non-subsidi di Indonesia kemungkinan akan mengalami kenaikan pada bulan mendatang akibat ketidakpastian di Timur Tengah yang terus meroketkan harga minyak dunia.

“Tingginya intensitas konflik di Timur Tengah mengganggu logistik dan akhirnya berdampak pada harga minyak. Kenaikan harga BBM perlu menjadi perhatian kita semua,” tambahnya.

Melihat tren harga minyak dunia yang terus menguat, harga minyak mentah Brent ditutup mengalami kenaikan pada perdagangan sebelumnya. Kekhawatiran akan pasokan minyak mentah yang terganggu oleh ketegangan di Timur Tengah menjadi faktor utama pendorong kenaikan tersebut.

Pada pembukaan perdagangan hari Rabu, harga minyak mentah kembali membuka perdagangan dengan kenaikan, mencapai 0,16% di posisi US$ 82,47 per barel untuk minyak mentah Brent, sementara minyak mentah WTI mencapai posisi US$ 77,15 per barel.

Meskipun harga minyak dunia mengalami kenaikan, kekhawatiran terhadap permintaan global masih menjadi faktor pengimbang, terutama dalam konteks konflik antara Israel dan Hamas yang masih membayangi pasar minyak dunia.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.