,

Menteri AHY Raih Gaji Fantastis dan Fasilitas Mewah di ATR/BPN

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com  – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah resmi dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Menggantikan Hadi Tjahjanto yang kini menjabat sebagai Menko Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), AHY kini siap memimpin dengan segudang keistimewaan yang menjadi haknya sebagai seorang menteri negara.

Gaji Menteri AHY

banner 336x280

Sebagai menteri, AHY berhak atas gaji yang tidak bisa dianggap remeh. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2000, AHY berhak menerima gaji pokok sebesar Rp 5.040.000 per bulan. Meskipun jumlah ini tidak mengalami kenaikan dalam 24 tahun terakhir, tetapi bersamaan dengan gaji pokok, AHY juga akan mendapat sejumlah fasilitas dan tunjangan.

Fasilitas Menteri AHY

Menurut ketentuan yang berlaku, seorang menteri negara termasuk AHY berhak atas fasilitas mewah. Pasal 5 aturan tersebut menjelaskan bahwa setiap menteri negara memiliki hak atas sebuah rumah jabatan milik negara lengkap dengan perlengkapannya, serta kendaraan bermotor milik negara beserta seorang pengemudinya. Selain itu, seorang menteri juga berhak atas fasilitas kesehatan yang mencakup pengobatan, perawatan, dan rehabilitasi dalam kondisi sakit atau mengalami kecelakaan selama menjabat.

Tunjangan Menteri AHY

Di luar gaji pokok, AHY juga berhak atas sejumlah tunjangan yang diatur dalam perundang-undangan. Besaran tunjangan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No 68 Tahun 2001, yang menetapkan bahwa para petinggi kementerian, termasuk menteri, berhak mendapatkan tunjangan jabatan hingga Rp 13.608.000 per bulan.

Menariknya, dana operasional yang diperoleh oleh menteri seperti AHY juga tak kalah menggiurkan. Menurut beberapa mantan pejabat, dana operasional ini bisa mencapai Rp 100-150 juta. Namun, penting untuk dicatat bahwa dana tersebut hanya boleh digunakan untuk kegiatan resmi sebagai pemimpin negara, bukan untuk kepentingan pribadi. Meskipun besarannya melebihi gaji dan tunjangan, dana operasional ini tidak masuk dalam komponen take home pay, sehingga dana yang tidak digunakan akan dikembalikan kepada negara.

Dengan berbagai keistimewaan yang diemban, tak dapat dipungkiri bahwa menjadi seorang menteri negara membawa manfaat yang signifikan bagi AHY, baik dari segi keuangan maupun fasilitas yang diperoleh.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.