,

Makan Siang Gratis Jadi Sorotan: Prabowo-Gibran Mulai Lakukan Pembahasan dengan Kabinet Jokowi

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Sebuah inisiatif yang menarik dan berpotensi mengubah lanskap sosial ekonomi tengah menjadi sorotan, ketika program makan siang gratis yang digagas oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mulai dibicarakan dalam rapat kabinet yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam rapat tersebut, program tersebut mendapat tempatnya dalam pembahasan Rancangan Kerja Pemerintah (RKP), menandakan langkah awal yang berarti menuju implementasinya.

Rapat kabinet paripurna yang digelar pada Senin (26/2/2024) di Istana Negara dihadiri oleh sejumlah menteri dan kepala lembaga yang memperkuat pembahasan tersebut.

banner 336x280

Menteri ATR, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), memberikan pernyataan setelah sidang kabinet bahwa program makan siang gratis turut dibahas, meskipun tidak dalam detail yang mendalam. “Ada (dibahas), saya lihat sepintas karena waktunya cukup singkat, tidak dibahas secara detail,” ungkap AHY di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Dalam keterangannya, AHY menekankan pentingnya penghitungan yang matang terkait anggaran untuk program tersebut, mengingat skala yang besar yang akan dilayani. “Itu tentu harus dihitung secara seksama sehingga bisa di-deliver dengan baik, karena sekali lagi kalau tidak salah 83 juta (orang) yang akan diberikan makan siang gratis dan susu gratis itu tentu secara nominal cukup besar, bukan cukup, besar, besar,” jelasnya.

Lebih lanjut, AHY menyatakan bahwa program ini tidak hanya bertujuan untuk mengatasi kelaparan dan masalah gizi buruk, tetapi juga untuk meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat secara keseluruhan.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, yang mengkonfirmasi pembahasan program makan siang gratis di sidang kabinet. “Tadi membahas program-program pak Prabowo termasuk di dalamnya adalah makan siang tahap awal,” ujarnya.

Bahlil juga menegaskan bahwa program-program prioritas dari Prabowo-Gibran sudah termasuk dalam pembahasan RKP. Salah satu program unggulan yang masuk dalam RKP adalah makan siang gratis. “Pokoknya, membahas tentang program prioritas pak Prabowo dan termasuk dalamnya makan siang tahap awal,” kata Bahlil.

Menanggapi hal ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga memberikan pandangannya. “Kan ini masih di dalam program. Kalau detail nanti lihat di dalam pembahasan mengenai pagu indikatif dari masing-masing kementerian dan lembaga,” ujarnya.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa program-program baru, termasuk makan siang gratis, akan melewati proses perhitungan yang memakan waktu beberapa bulan. “Nanti kita lihat dari existing program dengan apa yang akan masuk baru dan nanti akan dihitung dalam sebulan ke depan,” tambahnya.

Program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo-Gibran ini akan menjadi topik hangat yang terus dipantau perkembangannya, karena memiliki potensi besar untuk memberikan dampak sosial dan ekonomi yang signifikan bagi masyarakat Indonesia.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.