Kendaraan Listrik Mendominasi Pasar Otomotif Amerika Serikat

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com. – Tren mobilitas berkelanjutan semakin merajalela di Amerika Serikat dengan semakin banyaknya minat masyarakat terhadap kendaraan elektrifikasi. Menurut survei yang dilakukan oleh Consumer Reports, majalah berpengaruh di AS, yang dikutip dari Reuters pada Selasa (28/2/2024), kendaraan berbahan bakar alternatif, khususnya kendaraan listrik, semakin diminati daripada yang menggunakan bensin.

Dalam survei tersebut, terungkap bahwa dari sepuluh mobil terlaris pada tahun 2024, tujuh di antaranya adalah kendaraan listrik. Toyota menjadi kontributor terbesar dengan empat modelnya, termasuk Prius dan versi hybrid dari Camry. Sementara itu, Tesla turut menyumbangkan popularitasnya dengan Model Y-nya, Ford dengan truk pikap Maveric hybrid, dan BMW dengan X5 PHEV.

banner 336x280

Menurut laporan yang sama, penjualan mobil listrik telah mencapai 16,3 persen dari total penjualan kendaraan ringan di AS pada tahun sebelumnya. Fenomena ini menjadi bukti nyata bahwa kesadaran akan lingkungan semakin meningkat di antara konsumen Amerika.

Tidak hanya kendaraan listrik, namun juga kendaraan jenis Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) semakin diminati. Penjualan PHEV bahkan tumbuh sebesar 60 persen pada tahun lalu. Jake Fisher, Direktur Senior Pengujian Otomotif Consumer Reports, menyatakan, “Bagi banyak pengemudi, PHEV akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar bensin, hibrida, atau listrik.”

Peringkat Merek Otomotif di AS

Sementara itu, BMW dari Eropa berhasil mempertahankan posisi teratas dalam laporan merek otomotif Consumer Reports pada tahun 2024. Majalah ini memberikan 34 peringkat merek otomotif berdasarkan skor keseluruhan, yang merupakan gabungan dari skor uji jalan, prediksi keandalan, data kepuasan pemilik, dan keselamatan untuk semua model yang diuji.

Di kategori merek mobil domestik, General Motors (GM) menduduki peringkat tertinggi, dengan Buick di peringkat ke-13, diikuti oleh Ford dan Tesla yang masing-masing berada di peringkat ke-17 dan ke-18. Hal ini menunjukkan pergeseran dominasi merek otomotif di AS, di mana produsen mobil Eropa mulai mengukuhkan posisinya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.