,

Rekrutmen Besar-besaran: Smelter Freeport Gresik Siap Beroperasi Juni, Tawarkan 20 Ribu Pekerjaan Baru

oleh -2 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Presiden Joko Widodo memberikan kabar menggembirakan untuk dunia industri Indonesia. Dalam sebuah acara di Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Palembang pada Jumat (1/3), beliau mengumumkan bahwa smelter PT Freeport Indonesia di Gresik akan mulai beroperasi pada Juni 2024. Tak hanya itu, beliau juga mengonfirmasi rencana besar untuk merekrut puluhan ribu tenaga kerja untuk mendukung operasional smelter tersebut.

“Juni tahun ini industri smelter PT Freeport yang akan mengolah tembaga dan mungkin juga ada emasnya berton-ton akan mulai beroperasi dan akan merekrut anak-anak muda kita,” ungkap Jokowi.

banner 336x280

Pemerintah berencana untuk merekrut banyak pekerja Indonesia, terutama para anak muda, untuk mengisi posisi di smelter tersebut. Bahkan, Jokowi memperkirakan bahwa hingga 20 ribu pekerja baru akan diperlukan untuk menjalankan operasi smelter dengan lancar.

Menurut Jokowi, smelter ini memiliki peran penting dalam mendukung hilirisasi industri di Indonesia. Ia ingin mengubah paradigma dimana tembaga yang ditambang di Indonesia juga diolah di dalam negeri, bukan lagi diekspor dalam bentuk mentah.

Selama ini, tembaga mentah hasil tambang Freeport diekspor ke Jepang dan Spanyol untuk diproses. Hal ini, menurut Jokowi, telah terjadi selama 55 tahun. Oleh karena itu, Jokowi menekankan urgensi hilirisasi industri untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Hilirisasi industri akan menambah pendapatan negara berkali-kali lipat. Selain itu, hilirisasi mendorong pembukaan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Dengan rencana besar ini, diharapkan Indonesia dapat memperkuat posisinya sebagai negara maju melalui pengembangan sektor industri yang berkelanjutan dan inklusif.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.