Proton Membuka Pabrik Perakitan di Bangladesh, Transformasi Merek ke Peringkat Tiga Teratas dalam Tiga Tahun

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Langkah berani dilakukan oleh pabrikan mobil terkemuka asal Malaysia, Proton, dengan mengumumkan pembangunan fasilitas perakitan di Bangladesh. Kabar gembira tersebut disampaikan langsung oleh perusahaan pada peluncuran X90 hasil perakitan lokal atau CKD di Bangladesh hari ini.

Proton X90, menjadi tonggak sejarah sebagai satu-satunya model yang dirakit secara massal di Bangladesh, menandai dimulainya era baru dalam industri otomotif negara ini sejak akhir tahun 2024.

banner 336x280

CEO Proton, Li Chunrong, dengan penuh semangat menyatakan bahwa langkah perakitan lokal ini adalah bagian dari upaya besar perusahaan untuk menjadikan Proton sebagai merek ketiga teratas di Bangladesh dalam waktu tiga tahun mendatang.

“Kami berkomitmen untuk menjaga kualitas produk yang sama dengan kendaraan yang diproduksi di Malaysia. Dengan mengandalkan pengalaman kami dalam menerapkan Standar Kualitas Global Volvo, kami yakin produk-produk kami akan memenuhi standar tertinggi di pasar internasional,” ujar Li Chunrong.

Dilaporkan bahwa Proton mengalokasikan dana sebesar US$100 juta atau setara Rp1,5 triliun untuk membangun pabrik perakitan di kawasan industri Rancon, Bangladesh. Langkah ini tidak hanya merupakan investasi besar-besaran dalam pengembangan infrastruktur industri otomotif di negara tersebut, tetapi juga sebagai komitmen Proton dalam mendorong pengembangan tenaga kerja lokal yang terampil serta memberdayakan ekosistem vendor melalui transfer teknologi.

Kawasan industri Rancon dipilih sebagai lokasi strategis untuk pabrik perakitan Proton karena merupakan pusat aktivitas bisnis utama di Bangladesh, yang dikenal dengan sejumlah perusahaan pengimpor mobil terkemuka. Hal ini menunjukkan visi jangka panjang Proton untuk menjadi pemimpin dalam industri otomotif global dengan menjangkau pasar yang berpotensi.

Proton menegaskan bahwa operasi perakitan di Bangladesh akan mematuhi standar produksi yang ketat, menjaga konsistensi kualitas kendaraan dengan standar produksi di Tanjong Malim, Malaysia. Dengan demikian, diharapkan Proton dapat memenuhi harapan konsumen Bangladesh terhadap kualitas dan performa kendaraan yang mereka beli.

Langkah Proton untuk membuka pabrik perakitan di Bangladesh telah menarik perhatian banyak pihak dalam industri otomotif global. Diharapkan hal ini akan membawa dampak positif tidak hanya bagi Proton dan Bangladesh tetapi juga bagi ekosistem industri otomotif secara keseluruhan.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.