,

Freeport Indonesia Kini Dikuasai Indonesia, Bukan Lagi Milik AS!

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Presiden Joko Widodo dengan tegas menyatakan bahwa PT Freeport Indonesia kini telah menjadi milik Indonesia sepenuhnya, bukan lagi milik Amerika Serikat. Pernyataan tersebut disampaikan dalam Kongres Hikmahbudhi XII di Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara.

Dengan kepemilikan saham dominan sebesar 51%, Indonesia kini memiliki kendali penuh atas perusahaan tambang tembaga dan emas tersebut. Bahkan, pemerintah berencana untuk meningkatkan kepemilikan hingga 61%.

banner 336x280

Menurut Jokowi, dengan kepemilikan saham 51%, sebanyak 70% pendapatan Freeport akan masuk ke kas negara. Namun, jika kepemilikan saham berhasil dinaikkan hingga 61%, perkiraan pendapatan yang masuk ke kas negara bisa mencapai 80%.

“Sekarang pendapatan Freeport, 70% masuk ke negara. Begitu kita naik lagi ke 61%, maka 80% pendapatan akan masuk ke negara. Ini adalah proses yang menantang, membutuhkan keberanian dan ketegasan,” ungkap Jokowi.

Negosiasi untuk penambahan kepemilikan saham Freeport, menurut Jokowi, masih dalam proses yang cukup sulit. Freeport juga dijanjikan tambahan kontrak kerja selama 20 tahun hingga tahun 2061 setelah kepemilikan saham pemerintah ditingkatkan.

“Negosiasi saham Freeport berlangsung cukup lama, bahkan sangat sulit,” kata Jokowi.

Pemerintah saat ini tengah mempersiapkan revisi regulasi untuk memungkinkan perpanjangan kontrak Freeport. Salah satu regulasi yang akan direvisi adalah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Kami masih dalam proses negosiasi dan persiapan regulasi. Namun, saya yakin kita akan mencapai kesepakatan yang diinginkan,” tambahnya.

Jokowi menargetkan penyelesaian semua negosiasi paling lambat pada bulan Juni, dengan harapan dapat diselesaikan lebih cepat.

“Diharapkan semua negosiasi selesai pada Juni, atau bahkan lebih cepat. Ini adalah langkah besar bagi Indonesia dalam mengelola sumber daya alam,” tutup Jokowi.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.