,

Menteri Keuangan Diminta Jadi Saksi Sengketa Pilpres 2024 di Hadapan DK PBB

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Mahkamah Konstitusi (MK) tengah mempertimbangkan langkah tak biasa dalam menangani sengketa Pilpres 2024. Usulan dari Tim Hukum Ganjar-Mahfud dan Tim Hukum Anies-Muhaimin telah menghadirkan nama-nama besar dalam pemerintahan, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sosial Tri Rimaharini, sebagai saksi dalam sidang kontroversial ini.

Ketua MK, Suhartoyo, dalam pernyataannya mengutip Detikcom, menekankan kehati-hatian dalam penanganan perkara sengketa tersebut. Dia mengungkapkan bahwa panggilan kepada para menteri ini tidak bisa dianggap remeh, karena berpotensi mempengaruhi pandangan masyarakat atas objektivitas MK.

banner 336x280

“Majelis hakim harus berhati-hati dalam pemanggilan saksi karena beririsan langsung dengan keberpihakan,” ujar Suhartoyo dalam konferensi pers, Jumat (29/3/2024).

Tidak hanya itu, Todung Mulya Lubis, Ketua Tim Hukum Ganjar-Mahfud, menyoroti urgensi kehadiran Sri Mulyani dan Tri Rismaharini dalam sidang. Permintaan ini muncul seiring dengan argumentasi dalam permohonan mereka yang secara langsung berkaitan dengan kebijakan fiskal dan bansos.

“Kami meminta kehadiran mereka karena banyak aspek dalam permohonan kami yang terkait dengan kebijakan fiskal dan sosial,” ungkap Todung dalam sidang sengketa Pilpres di gedung MK, Kamis (28/3/2024).

Sementara itu, di pihak lain, Tim Hukum Anies-Muhaimin juga menegaskan permintaan serupa. Mereka menginginkan Sri Mulyani, Tri Rismaharini, Menteri Perdagangan Zulkilfi Hasan, serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto untuk turut hadir sebagai saksi dalam proses persidangan.

Terkait dengan permintaan ini, Menkeu Sri Mulyani enggan memberikan komentar ketika ditanya oleh awak media. Saat diwawancarai usai menghadiri acara buka puasa bersama di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (28/3/2024), Sri Mulyani hanya tersenyum.

Langkah MK dalam mempertimbangkan kehadiran para menteri ini menjadi sorotan utama dalam persidangan sengketa Pilpres 2024. Keputusan akhir MK dalam memanggil para saksi ini diyakini akan memberikan pencerahan penting dalam proses penyelesaian sengketa yang sedang berlangsung.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.