Google Menghapus Jutaan Data Pengguna dalam Penyelesaian Gugatan, Internet Berubah

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Google, raksasa teknologi yang mendominasi dunia maya, sedang dalam sorotan karena langkah drastis yang mereka ambil: menghapus jutaan rekam data pengguna. Tindakan ini terjadi sebagai bagian dari kesepakatan penyelesaian gugatan di pengadilan, menggiring internet menuju perubahan total.

Sebuah kelompok individu telah menggugat Google di pengadilan California, menuding perusahaan tersebut melakukan pelacakan diam-diam terhadap pengguna internet yang percaya mereka dapat berselancar secara privat. Dalam gugatan class action yang melibatkan jutaan pengguna, keluhan utama adalah penggunaan cookies, aplikasi, dan fitur analitik Google yang melacak aktivitas pengguna bahkan ketika mereka menggunakan mode Incognito di Google Chrome dan browser lainnya.

banner 336x280

Mode Incognito seharusnya memberikan pengguna rasa aman dari mata-mata internet, namun Google dituduh memanfaatkannya untuk mengumpulkan informasi sensitif seperti daftar teman, preferensi makanan, hobi, kebiasaan berbelanja, dan riwayat pencarian yang dianggap “sangat intim dan berpotensi memalukan.”

Dalam kesepakatan damai yang telah dicapai antara para penggugat dan Google, perusahaan tersebut telah menyetujui untuk mengungkapkan jenis data yang mereka kumpulkan ketika pengguna menggunakan mode privat saat berselancar di internet. Selain itu, Google akan memperbarui Incognito untuk memblokir cookies dari pihak ketiga.

“Penghapusan data ini akan mengurangi jumlah informasi yang dikumpulkan Google dari sesi browsing privat dan juga akan berdampak pada pendapatan perusahaan dari data,” ungkap seorang pengacara yang mewakili para penggugat.

Meskipun kesepakatan ini masih menunggu persetujuan hakim, nilai kesepakatan tersebut diperkirakan mencapai lebih dari US$ 5 miliar. Namun, penting untuk dicatat bahwa Google tidak akan dikenai denda dalam kesepakatan ini. Meskipun demikian, pengguna tetap memiliki opsi untuk mengajukan gugatan secara individu untuk menuntut ganti rugi atas pelanggaran privasi.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.