Pendiri Xiaomi Menjadi Pesaing Tangguh Bagi Elon Musk

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Dalam perkembangan mengejutkan, Xiaomi, raksasa teknologi terkemuka, telah memasuki industri kendaraan listrik dengan meluncurkan SU7 Max. Model perdana ini dengan cepat mendapat perhatian di China, dengan 88.000 unit sudah dipesan dan waktu tunggu yang mencapai 6 bulan. Para ahli kini berspekulasi bahwa Xiaomi, di bawah kepemimpinan pendirinya Lei Jun, merupakan ancaman signifikan bagi Tesla milik Elon Musk di pasar China.

Lei Jun, visioner di balik Xiaomi, dianggap sebagai rival strategis bagi Elon Musk, meniru taktik Musk di ranah kendaraan listrik. Saat acara peluncuran mobil listrik Xiaomi, Lei Jun menggertak secara halus terhadap Apple yang menghentikan proyek EV-nya sambil dengan percaya diri mengklaim keunggulan atas Model 3 milik Tesla.

banner 336x280

Terkenal karena pengaruhnya yang sebanding dengan Musk di AS, Lei Jun memanfaatkan merek pribadinya secara ekstensif, mempromosikan produk Xiaomi baik di media sosial maupun melalui keterlibatan langsung. Yale Zhang, seorang analis di Automotive Foresight, berkomentar, “Individu ini setara dengan sebuah tim pemasaran. Dengan setiap kata yang diucapkannya, perhatian online yang dia dapatkan berada pada level yang berbeda.”

SU7 dijual dengan harga di bawah $30.000 di China untuk model dasarnya, mengungguli harga Tesla Model 3. Lei Jun menegaskan bahwa tanpa dukungan otoritas Beijing, di mana pabrik otomotif Xiaomi berlokasi, pengembangan pesat kendaraan listrik mereka dalam waktu hanya 3 tahun akan mustahil terbayangkan.

Sebaliknya, Elon Musk mendapat dukungan besar dari pemerintah Shanghai selama pembangunan Gigafactory Tesla di wilayah tersebut, menyelesaikan fasilitas itu dalam waktu kurang dari satu tahun sejak dimulainya konstruksi.

Lebih lanjut, Lei Jun dengan tegas menyatakan bahwa versi standar SU7 melampaui Model 3 dalam lebih dari 90% spesifikasinya, kecuali beberapa aspek yang mungkin membutuhkan Xiaomi 3 hingga 5 tahun untuk mengejar Tesla.

Dengan menyoroti jangkauan minimum impresifnya mencapai 700 kilometer dibandingkan dengan 606 kilometer dari Model 3, Lei Jun mengajukan pertanyaan: Apakah kendaraan yang akan datang dari Xiaomi bisa melampaui Tesla milik Elon Musk? Panggung sudah disiapkan untuk pertarungan seru antara dua raksasa industri kendaraan listrik.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.