Telur Ayam dan Beras Sumbang Inflasi Maret 2024

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Telur ayam dan beras menjadi bahan yang memberikan sumbangan signifikan terhadap tingkat inflasi bulan Maret 2024, demikian yang diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam laporan terbarunya, BPS mencatat bahwa inflasi pada bulan tersebut berada di kisaran 2,5%, dengan rentang plus minus 1%.

Menurut Asisten Gubernur Bank Indonesia/Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, keberhasilan dalam menjaga inflasi ini adalah hasil dari konsistensi kebijakan moneter serta kerja sama yang erat antara Bank Indonesia dan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID).

banner 336x280

“Inflasi yang terjaga ini merupakan hasil dari sinergi pengendalian inflasi antara Bank Indonesia dan Pemerintah,” ujar Erwin Haryono dalam keterangan resminya.

Salah satu faktor peningkatan inflasi adalah permintaan musiman menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Idulfitri. Inflasi inti pada bulan Maret 2024 tercatat sebesar 0,23% (mtm), yang didorong terutama oleh kenaikan harga komoditas emas perhiasan, minyak goreng, dan nasi dengan lauk.

Namun, peningkatan inflasi terutama terjadi pada kelompok makanan yang rentan terhadap fluktuasi harga, dengan telur ayam ras, daging ayam ras, dan beras menjadi penyumbang utama. Peningkatan harga beras dipengaruhi oleh faktor musiman dan pergeseran musim tanam yang dipicu oleh dampak El-Nino.

“Peningkatan inflasi lebih lanjut tertahan oleh deflasi komoditas cabai merah dan tomat,” tambah Erwin Haryono.

Bank Indonesia optimis bahwa inflasi akan tetap terkendali dalam kisaran sasaran 2,5% ±1% pada tahun 2024. Mereka juga memperkirakan bahwa inflasi volatile food, termasuk telur ayam dan beras, kemungkinan akan menurun seiring dengan peningkatan produksi akibat masuknya musim panen. Hal ini diharapkan akan mendukung upaya menjaga stabilitas ekonomi.

Meskipun demikian, penurunan inflasi kelompok administered prices pada bulan Maret 2024 tertahan oleh inflasi komoditas sigaret kretek mesin (SKM), sejalan dengan terus berlanjutnya transmisi kenaikan cukai hasil tembakau.

Dengan demikian, sementara beberapa faktor seperti telur ayam dan beras turut berkontribusi pada kenaikan inflasi, langkah-langkah pengendalian yang sinergis diharapkan dapat menjaga stabilitas ekonomi di masa yang akan datang.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.