AMD Memperkenalkan Prosesor Ryzen Pro 8000: Era Kecerdasan Buatan Hadir di Laptop dan Desktop

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – AMD telah mengumumkan penambahan yang mengagumkan ke lini produknya dengan memperkenalkan prosesor baru, Ryzen Pro 8000. Melalui langkah ini, AMD kembali menegaskan kehadiran kecerdasan buatan (AI) di berbagai perangkat dengan memperkenalkan dua lini prosesor baru, Ryzen Pro 8040 dan Ryzen Pro 8000.

Kedua seri prosesor ini menampilkan neural processing unit (NPU) XNDA yang memungkinkan pengolahan AI secara lokal di perangkat, menyasar pengguna bisnis. Namun, yang menarik, AMD membedakan kedua lini prosesor ini berdasarkan kategorinya, dengan Ryzen Pro 8040 ditujukan untuk desktop dan Ryzen Pro 8000 untuk laptop.

banner 336x280

Dalam lingkungan bisnis, AI memiliki peran penting dalam berbagai skenario, seperti chatbot, pembangkit gambar, dan aplikasi produktivitas. Meskipun banyak layanan AI yang dapat diakses melalui cloud, AMD menegaskan bahwa keamanan dan privasi menjadi alasan utama mengapa bisnis lebih suka menjalankan AI secara lokal di komputer mereka sendiri.

Menurut Ronak Shah, manajer pemasaran AMD, “Banyak hal yang kita kerjakan bersifat privat. Kita tidak ingin menaruh data (yang bersifat rahasia) di internet.”

Ryzen Pro 8000 masih menggunakan basis arsitektur CPU Zen 4 dan GPU Radeon terintegrasi yang sama dengan lini Ryzen 8000G “Phoenix” untuk konsumen umum. Dengan proses fabrikasi yang diperbarui dari 5 nm menjadi 4 nm di pabrik TSMC, seri ini terdiri dari delapan model dengan kinerja yang beragam.

Sementara itu, Ryzen Pro 8040 juga menggunakan arsitektur Zen 4 dengan proses fabrikasi 4 nm dan terdiri dari 8 model. Seri ini memiliki tingkat TDP yang lebih rendah dibandingkan dengan Ryzen Pro 8000.

Rencananya, prosesor-prosesor dari kedua seri ini akan tersedia dalam produk-produk komputer dari rekanan OEM AMD seperti HP dan Lenovo mulai kuartal kedua 2024.

Dengan demikian, AMD tidak hanya memperkenalkan produk baru, tetapi juga membawa era kecerdasan buatan yang semakin mendalam ke dunia laptop dan desktop, memenuhi kebutuhan bisnis yang semakin berkembang dalam pengolahan AI secara lokal.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.