“Batam Rencanakan Sistem Baru Pembelian BBM: Kartu Khusus Pertalite”

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Pemerintah Kota Batam telah mengumumkan rencananya untuk mengatur pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite melalui sebuah sistem baru yang unik. Langkah ini diambil dengan diperkenalkannya Fuel Card 5.0, sebuah kartu kendali yang diharapkan dapat mengontrol pembelian Pertalite di wilayah tersebut. Kartu ini telah mulai disosialisasikan kepada masyarakat dan direncanakan akan diluncurkan pada tanggal 1 Agustus 2024.

Menurut penjelasan dari Fadjar Djoko Santoso, Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina (Persero), kartu ini merupakan inisiatif dari pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Kota Batam. Pendapat serupa juga disampaikan oleh Susanto August Satria, Manager Area Hubungan Komunikasi & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, yang menjelaskan bahwa Fuel Card merupakan program dari pemerintah Kota Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

banner 336x280

Dalam mendukung program ini, Pertamina menyatakan bahwa mereka akan mengikuti skema yang telah dibuat oleh pemerintah daerah. Salah satu manfaat dari program ini adalah mencegah penyelewengan bahan bakar jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) atau Pertalite, serta memastikan bahwa bahan bakar yang disalurkan tepat sasaran.

Fuel Card 5.0 dijelaskan sebagai sebuah kartu yang mirip dengan kartu uang elektronik, seperti e-Money atau e-Toll. Pengguna akan diwajibkan untuk mengisi saldo kartu sebelum melakukan pembelian BBM. Proses pembelian dilakukan dengan melakukan tapping kartu di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), yang kemudian akan dipasangkan dengan nomor polisi kendaraan yang terdaftar.

Meskipun rincian mengenai batasan atau alokasi pembelian Pertalite dengan menggunakan kartu ini belum diungkap secara rinci, serta tanggal berlaku penggunaan kartu tersebut masih menjadi misteri, namun kebijakan ini tetap merupakan langkah yang menarik dari Pemerintah Kota Batam. Ini menunjukkan komitmen mereka untuk menghadirkan solusi inovatif dalam mengatur penggunaan BBM di wilayah mereka, sesuai dengan kebijakan yang mereka tentukan sendiri.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.