Emas Melonjak, Pemilik Emas Dunia Gelisah

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Keludnews.com – Harga emas dunia kembali menjadi sorotan pada hari ini, memicu kegelisahan bagi para pemilik emas di seluruh dunia. Sebuah perjalanan yang mengguncang bagi mereka yang menginvestasikan kekayaan mereka dalam logam mulia ini.

Naik Tipis, Tapi Tetap Menakutkan

banner 336x280

Harga emas dunia mengalami kenaikan tipis pada hari Selasa ini, 30 April 2024. Namun, kondisi ini tidak meredakan kekhawatiran di pasar. Sebaliknya, keputusan The Fed tentang suku bunga AS menjadi pusat perhatian, menimbulkan ketidakpastian yang mengancam stabilitas harga emas.

Menurut data Refinitiv, harga emas kemarin (Senin, 29 April 2024) berada di angka US$2.334,43 per troy ons, mengalami penurunan sebesar 0,14% dibandingkan hari sebelumnya. Namun, hari ini, emas sedikit mengalami kenaikan sebesar 0,02%, mencapai angka US$2.334,99 per troy ons pada pukul 05:31 WIB.

Berbagai Faktor Penggerak Harga Emas

Terkutip dari kitco.com, bank swasta Swiss Lombard Odier mencatat bahwa harga emas dunia, terutama dalam waktu dekat, dipengaruhi oleh penyeimbangan sentimen dari ekuitas. Para ahli seperti Florian Ielpo dan Didier Rabattu telah berupaya mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas, termasuk fenomena pembelian bank sentral dalam jumlah besar.

Ketidakpastian Menyelimuti Pasar Emas

Pergerakan harga emas diprediksi akan stagnan menjelang pengumuman kebijakan suku bunga The Fed dan pernyataan dari Jerome Powell, Chairman The Fed, pada konferensi pers Kamis dini hari (2 Mei 2024) waktu Indonesia. Namun, emas berpotensi mengalami gejolak jika pernyataan Powell tidak sesuai ekspektasi pasar.

Harapan dan Ketidakpastian di Tengah Peningkatan Inflasi AS

Data inflasi AS, terutama angka inflasi periode Maret yang mencapai 3,5% (year on year), menambah ketidakpastian terkait kebijakan suku bunga The Fed. Meskipun ada harapan untuk pemangkasan suku bunga, kondisi inflasi yang masih tinggi membuat kebijakan tersebut menjadi sulit terwujud.

Tantangan Bagi Pemilik Emas

Bagi para pemilik emas, kondisi pasar yang penuh ketidakpastian dan gejolak menjadi ujian tersendiri. Dengan keputusan The Fed yang belum pasti dan kondisi inflasi yang memperumit, pemilik emas di seluruh dunia harus siap menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat memengaruhi nilai investasi mereka.

Tentang Emas Sebagai Safe Haven Asset

Meskipun dolar AS dan imbal hasil US Treasury menguat, emas tetap menjadi pilihan bagi mereka yang mencari perlindungan dalam situasi ketidakpastian ekonomi dan politik. Ketidakpastian geopolitik atau sentimen negatif dari sisi fiskal suatu negara dapat membuat emas tetap menjadi aset safe haven yang diminati.

Dalam atmosfir yang penuh ketidakpastian ini, para pemilik emas di seluruh dunia tentu berharap agar harga emas dapat tetap stabil atau bahkan mengalami kenaikan yang signifikan. Namun, dengan berbagai faktor yang saling bertautan dan keputusan yang belum pasti dari The Fed, masa depan harga emas masih menjadi tanda tanya besar bagi para pelaku pasar.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.